Waspadai Kejahatan Skimming Saat Bertransaksi Di Atm

Teuku Adee Pengamat Medsos

Tribratanewsaceh.com – Jenis kejahatan semakin berkembang saja saat ini, perampokan, kekerasan, pencurian, penculikan dan lain lain. Yang sedang heboh atau sering kita dengar belakang ini adalah Kejahatan Skimming.

Apa itu Skimming ? Kejahatan model apa lagi ini ?

Skimming merupakan tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal.

Modus yang digunakan antara lain menggunakan WiFi pocket router disertai kamera yang dimodifikasi menyerupai penutup PIN pada mesin mesin ATM untuk mencuri PIN nasabah, melalui alat tersebut para pelaku menduplikasi data magnetic stripe pada kartu ATM lalu mengkloningnya ke kartu ATM kosong.

Polisi telah beberapa kali menangkap tersangka kejahatan skimming pada mesin Anjungan Tunai Mandiri alias ATM,  banyak kasus kejahatan skimming ini melibatkan warga negara asing diantaranya dari Bulgaria, Romania, Hongaria, Slovenia dan Kroasia. Mereka tidak hanya melancarkan aksinya di Indonesia, menurut data komplotan ini telah membobol 64 bank di Indonesia dan luar negri dengan cara skimming.

DiIndonesia pelaku kejahatan skimming dijerat dengan pasal 263 KUHP, 363 KUHP, Pasal 46 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik, dan pasal 3, 4 dan 5 Undang Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Dari penjelasan mengenai kejahatan skimming tersebut, tentunya kita sebagai masyarakat yang dalam keseharian cukup sering bertransaksi menggunakan mesin ATM, harus lebih hati-hati dan waspada, berikut ada beberapa hal yang harus di perhatikan :

  1. PIN ATM

Ketika anda menggunakan ATM, nasabah harus menggunakan nomor PIN dan ini adalah rahasia yang tidak boleh diberitahukan kepada orang lain, oleh karena itu saat memencet tombol tutupi jari anda.

  1. MESIN ATM

Jika anda kesulitan atau tidak bisa mulus saat memasukkan kartu ATM atau menemukan alat yang tidak biasa, segeralah lapor ke Polisi.

  1. LINGKUNGAN SEKITAR ATM

Anda harus lebih memperhatikan keadaan/lingkungan sekitar lokasi ATM, lebih baik anda menghindari lokasi ATM jika terlalu sepi dan ada gelagat orang yang mencurigakan.

  1. PENGUNJUNG ATM

Segera beri tahu petugas keamanan apabila melihat orang yang masuk dengan aktu yang sangat lama. Mungkin anda bisa mencari Satpam, supaya satpamnya bisa menegur dan minta keterangan dan sebagainya. Karena menurut kebiasaan nasabah hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk menggunakan mesin ATM terlebih bila hanya sekedar mengambil uang cash.

Demikian beberapa tips bertransaksi di ATM, semoga bermanfaat dan tetap selalu waspada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *