Wujudkan Pelayanan Prima Polri, Puslitbang Polri Lakukan Penelitian e-MP di Polda Aceh

Banda Aceh – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri lakukan penelitian tentang Efektivitas Penggelaran Sistem Elektronik Manajemen Penyidikan (e-MP) Reskrim dalam rangka mewujudkan Pelayanan Prima Polri di Polda Aceh. Tim ini sudah tiba di Banda Aceh sejak Minggu, 2 Agustus 2020.

Tim Puslitbang Polri yang ketuai oleh Kombes Pol Syahrial M. Said, SIK yang menjabat sebagai Analis Puslitbang Polri dan dibantu dua anggota Kompol Septi Astuti, S.T., M.A., Kasubbidpal Bidrikwastupuslitbang Polri dan Bripda Revaldo Kurniawan Bamin Subbagren Puslitbang Polri. Dalam kunjungan ini, Ketua Tim membawa satu konsultan yakni Drs. Priya Handana, S.Sos, MPA, P.hD dari Peneliti Fisipol UGM yang merupakan Konsultan dari Staf Puslitbang Polri.

Kegiatan yang dilakukan di Aula Machdum Sakti Polda Aceh diikuti oleh Ka SPKT Polda Aceh, para Kabag di Biro Rena Polda Aceh, para Kasubbid dan penyidik pembantu dari Direktorat Kriminal Umum, Direktorat Kriminal Khusus, Direktorat Reserse Narkoba Polda Aceh.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan penelitian diawali dengan pembukaan dan sambutan Kapolda Aceh yang diwakili oleh Dirkrimum Polda Aceh Kombes Pol Drs. Agus Sarjito. Dalam sambutan nya, ia juga memberiahukan bahwa Tim akan mengunjungi beberapa Polres yang ada di Aceh. Polres Sabang, Polresta Banda Aceh, Polres Aceh Besar dan Polres Pidie. Tim juga akan melakukan penelitian yang sama disana.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan tentang Puslitbang Polri yang disampaikan langsung oleh Ketua Tim Kombes Pol Syahrial M. Said, SIK.

Setelah kegiatan pemutaran video selayang pandang tentang Puslitbang Polri, Kombes Pol Syahrial M. Said, SIK memerintahkan kepada para peserta untuk mengisi quesioner secara online dan wawacara secara langsung kepada peserta penelitian.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendukung penggelaran perang lunak secara masif agar tercapai target penggunaan secara konsinsten 90% pada tahun 2024 oleh penyidik dan penyidik pembantu mulai tingkat mabes hingga tingkat polsek.

Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan -permasalahan yang dihadapi oleh para penyidik dan penyidik pembantu terkait penggunaan aplikasi e-MP.

Hasil dari penelitian ini akan kita kompulir dan akan dilakukan analisa bersama dengan konsultan di Puslitbang Polri. Tambah Kombes Pol Syahrial M. Said, SIK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *